Senin, 24 Maret 2014

Persamaan Linier Satu Variabel


Persamaan dan pertidaksamaan telah menjadi materi terpenting di dalam aljabar khususnya, maupum matematika pada umumnya. Sangat banyak persoalan dalam matematika, mata pelajaran lain maupun dalam kehidupan sehari-hari yang dalam penyelesaiannya menggunakan konsep persamaan dan petidaksamaan.
Menurut sejarah Aljabar Linear, persamaan linear dan konsep dasar lainnya aljabar memiliki akar mereka di dunia kuno. Phytagoras dan murid-muridnya menggunakan ide matematika yang paling dasar, menghitung, untuk mengembangkan berbagai masalah nomer seperti tiga kali lipat Phytagoras. Pada sekitar 2000 SM, Babilonia mengembangkan persamaan linear untuk memecahakan masalah ini. Kemudian, Babel matematika di sahkan ke Yunani, yang digunakan untuk memecahakan persamaan linear dan berkontribusi untuk berbagai bidang
Perhatikan kalimat “Suatu bilangan dikurangi dengan 5 hasilnya 3”. Kita tidak dapat menentukan apakah kalimat tersebut benar atau salah karena “sesuatu” pada kalimat itu belum diketahui nilainya. Jika “suatu bilangan” dengan 8, maka akan menjadi kalimat benar, dan jika “suatu bilangan” diganti dengan bilangan bukan 8, maka akan menjadi kalimat salah. Jadi, kalimat yang memuat variabel sehingga belum diketahui nilai kebenaranya (benat atau salah) disebut kalimat terbuka. Variabel atau peubah adalah lambang (simbol) yang dapat diganti oleh sembarang bilangan yang ditentukan. Sedangkan pengganti dari variabel sehingga kalimat terbuka menjadi kalimat benar atau kalimat salah disebut konstanta.matematika seperti kerucut, astronomi, dan trigonometri.
Perhatikan kalimat terbuka x + 1 = 5.Kalimat terbuka tersebut dihubungkan oleh tanda sama dengan (=). Selanjutnya,kalimat terbuka dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) disebut persamaan. Persamaan dengan satu variabel berpangkat satu atau berderajat satu disebut persamaan linear satu variable. Jika x pada persamaan x + 1 = 5 diganti dengan x = 4 maka persamaan tersebut bernilai benar. Adapun jika x diganti bilangan selain 4 maka persamaan x + 1 = 5 bernilai salah. Dalam hal ini x = 4 disebut penyelesaian dari persamaan linear x + 1 = 5. Selanjutnya himpunan penyelesaian dari x + 1 = 5 adalah {4}.
Pengganti variabel x yang mengakibatkan persamaan bernilai benar disebut penyelesaian persamaan linear. Himpunan semua penyelesaian persamaan linear disebut himpunan penyelesaian persamaan linear. Persamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) dan hanya mempunyai variabel berangkat satu. Bentuk umum persamaan liear satu variabel adalah ax + b = 0 dengan a ≠ 0.
Untuk memahami persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel (PLSVdan PtLSV) silahkan download di  Persamaan linier^_^.Trim's

0 komentar:

Posting Komentar